Rengginang Trasi Ibu Ike

Siapa yang belum tahu dengan produk makanan ringan seperti Rengginang/Rengginang Trasi? Untuk abad ini semua nya bisa ditemukan melalui jendela dunia yaitu internet. Bukan menjadi rahasia lagi kalau makanan ringan rengginang adalah makanan yang memang setiap tahun menjadi salah satu pilihan untuk dibeli, apalagi masa-masa puasa ramadhan dan menjelang hari raya. Rengginang Trasi Ibu ike telah berproduksi selama 10 tahun, dengan begitu bisa dikatakan Rengginang ibu Ike adalah rengginang yang mampu bersaing dengan rengginang diPasar. Menurut Testimoni dari pembeli dan tetangga sekitar rumah Ibu Ike diperoleh data yaitu Rengginang Trasi Ibu ike adalah Rengginang yang memang bisa dijamin kualitasnya, dimula dari rasa, kemasan dan  juga masuknya produk tersebut ke dalam pasar. Persaingan yang tak bsa dikatakan enteng atau sepele untuk bisa masuk ke dalam pasar besar seperti Pasar Tanjung, jember. Proses persaingan yang ada sejak awal ibu ike mulai berproduksi, akan tetapi Ibu ike tidak pernah menyerah sehingga hasil yang dipanen sekarang bisa dikatakan sebagai Kesabaran yang membuahkan hasil.

Komponen penting dalam proses pembuatan Rengginang Trasi Ibu Ike terdiri dari:

  • Beras ketan sebanyak 250 gram, cuci bersih dan rendam beras ketan dalam air selama 1 jam
  • Garam cukup sekiranya 1 sendok teh
  • Gula pasir sekitar 1 sendok teh
  • Air sebanyak 100 ml

Bahan bumbu yang dihaluskan: 

  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Terasi bakar cukup dengan 1 sendok teh

Cara Membuat Rengginang

Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, sekarang kita dapat mulai membuat rengginang tersebut. Langkah pertama kukus terlebih dahulu beras ketan selama kurang lebih 15 menitan, atau sampai setengah matang. Setelah selesai, sisihkan.

Dalam wadah yang berbeda, campurkan semua bumbu yang telah Anda haluskan tadi mulai dari garam, gula pasir, dan air, lalu aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur secara merata. Jika sudah diaduk, rebus campuran tadi sampai mendidih secara sempurna.

Sekarang masukan ketan ke dalam rebusan tadi. Aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur merata ke beras ketannya. Setelah itu, masak ketan tersebut sampai bumbu menyusut dan meresap ke dalamnya.

Siapkan sebuah papan datar, lalu ambil sedikit ketan tersebut dan bentuk sesuai dengan selera masing-masing. Anda bisa membentuk bulat, kotak, bintang, ataupun bentuk lainnya. Bentuk umum dari rengginang sendiri adalah bulat/bundar dengan tepian yang diangkat ke atas.

Tata rengginang tersebut di atas papan sampai rapi, kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai mengering. Jika matahari terik, Anda bisa menjemurnya setengah hari saja. Tetapi jika sinar matahari kurang, jemur rengginang tersebut selama 1 hari penuh. Hal ini bertujuan agar rengginang kering dan renyah ketika digoreng nantinya.

Apabila sudah kering, siapkan wajan penggorengan dengan minyak seperlunya. Dalam hal ini usahakan minyak yang Anda gunakan lebih banyak. Sebab jika terlalu sedikit nanti rengginang tidak bisa matang secara sempurna. Panaskan minyak terlebih dahulu.

Setelah cukup panas, kini masukan rengginang tersebut ke dalamnya, lalu gorenglah sampai mekar dan matang secara sempurna. Lebih baik ketika menggoreng gunakanlah api kecil sampai sedang saja, agar bisa matang secara merata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas