The Waroeng, Icon desa sumbersari yang dikenal oleh Dunia

Batik, salah satu Icon yang ditampakkan oleh The Waroeng. Konsep perpaduan kearifan lokal dan budaya sekitar menjadikan Batik ini dipandang oleh dunia sebagai salah satu Batik asli yang bisa dan mampu untuk bersaing dengan batik-batik yang ada.

Selain sebagaiĀ  tempat memesan batik atau sebatas cuci mata para penggemar batik, the Waroeng menjadi objek wisata yang disediakan oleh desa Sumbersari. Objek wisata ini memadukan keindahan alam, batik, serta ragam kuliner tradisional khas Indonesia. mengusung konsep eduwisata batik dengan tatanan dan desain khas pedesaan, The Waroeng menjadi alternatif wisata murah meriah dan berkesan untuk dikunjungi.

Letaknya sekitar 15 km dari pusat kota Bondowoso, tepat di perbatasan antara Kabupaten Jember dan Bondowoso. Jika dari Jember bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit dan dari kota Bondowoso sekitar 20 menit.

The Waroeng relatif mudah ditemui. Dari pusat kota Bondowoso ada beberapa alternatif transportasi yang bisa dicoba, di antaranya bus antar kota menuju Jember, angkutan kota menuju Kecamatan Maesan, serta ojek daring (online) yang kini telah menjamur.

Hal yang sama jika pelancong datang dari Kabupaten Jember. Ojek online sepertinya menjadi alternatif terbaik.

Sesaat setelah memasuki lokasi wisata, pengunjung akan disambut dengan rimbunnya tumbuhan hijau di segala sisi, dengan beragam tanaman dan bunga indah di sepanjang taman. Serta ornamen khas Jawa Timuran seperti ukiran, wayang dan tentu saja kain batik.

Perhatian pengunjung akan langsung tertuju ke sebuah galeri batik yang terletak di lobi. Di pintu depan, pengunjung akan disambut beberapa pekerja yang tengah mengerjakan proses melukis batik tulis dengan canting yang khas.

Aroma malam basah, akan berpadu dengan suasana rindah serta sejuk di sekitar lokasi wisata. Masuk ke dalam, pengunjung akan melihat sejumlah saung yang bisa digunakan untuk beristirahat sembari menikmati berbagai menu makanan tradisional khas The Waroeng.

Ada beberapa saung yang bisa anda pilih. Saung yang langsung menghadap sawah, saung yang dibawahnya dialiri aliran air sungai, atau menuju ke saung yang dipenuhi dengan ukiran kayu.

Gemericik air, ditemani suasana tenang layaknya di pedesaan, akan menjadi paduan tepat untuk bersantai bersama keluarga. Taman dengan beragam bunga dan rumput hijau juga akan menyambut anda di sepanjang lokasi The Waroeng. Yang juga menarik serta unik dari wisata ini adalah pengunjung bisa ikut dan turut serta melihat berbagai proses pembuatan kain batik dari awal proses hingga pengemasan.

Ada beberapa tahap yang bisa dilihat yakni proses menggambar, membatik dengan malam, mewarnai, mencuci hingga proses akhir di mana kain batik dikemas untuk dipajang di galeri. Semua bisa dinikmati secara gratis sembari anda menunggu kudapan yang dipesan datang.

Lokasi pembuatan batik letaknya sedikit ke belakang area taman. Para pekerja, berkumpul di satu tempat untuk mengerjakan beberapa proses. Ada yang membuat batik cap dan banyak juga batik tulis. Pengunjung bisa ikut mencoba proses melukis batik dengan canting disini.

Yang membedakan batik tulis dengan merek Sumbersari ini adalah desainnya yang unik dan hanya dibuat satu kali saja. Jadi setiap desain batik tulis hanya dibuat untuk satu kain. Sehingga, jika membeli batik disini, takkan mungkin ada desain serupa di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas